Monday, February 3, 2014

Cara Kultur Daphnia Magna Indoor


Persiapan pakan daphnia magna

Artikel ini merupakan pengalaman saya tentang cara kultur daphnia magna. Daphnia magna termasuk zooplankton yang memakan segala phytoplankton (alga hijau / greenwater) dan zooplankton yg lebih kecil seperti infusoria, rotifera dll. Pengalaman saya daphnia magna lebih cepat perkembangannya jika di beri pakan greenwater.  Utk membuat greenwater sangatlah mudah salah satunya dengan cara memelihara ikan lele atau mujair di wadah/tempat yg terkena sinar matahari langsung tp sebaikny tidak kena air hujan, cukup beri pakan setiap hari maka maks 7 hari greenwater bisa di dapat. Untuk infusoria dan rotifera bisa didapat dari pembusukan zat organik misal sayur, dan cacing sutra. Penggunaan infusoria dn rotifera sebaiknya sedikit aja karena biasa dalam proses pembusukan terdapat bakteri patogen yg ikut tumbuh jika berlebih bisa menghambat pertumbuhan daphnia magna. Saya biasa memberikan sedikiiit pelet ikan yg sudah dilembutkan ke wadah daphnia agar infusoria/rotifera bisa tumbuh
air hijau

Persiapan tempat kultur daphnia magna

Tempat kultur daphnia bisa apa saja, wadah ember bekas es krim bisa, semakin besar semakin bagus. Simpan wadah di tempat yg tidak terkena hujan, baiknya wadah kultur daphnia kena sinar matahari pagi. Untuk air gunakan air sumur/tanah dengan pH normal yg sudah di endapkan (air tua) lebih bagus gunakan air bekas ikan aquarium kotoran dapat membantu tersedianya pakan untuk daphnia magna.
wada kultur daphnia

Pemeliharaan

Daphnia magna yg sudah di tempatkan diwadah diberi pakan greenwater dan pelet ikan sebagai suplemen. Pemberian greenwater diawali dengan mengambil air dari wadah daphnia kemudian menambahkan greenwater dengan volume yg kurlang lebih sama, pemberian greenwater  jgn terlalu pekat cukup sampai air wadah daphnia menjadi kehijauan, jika berlebih greenwater akan mengendap.  Greenwater ditambahkan jika air wadah sudah bening. Pelet ikan dapat diberikan dengan cara di lembutkan terlebih dahulu kemudia di tuang ke wadah daphnia, jgn berlebih cukup sedikit saja. Pengalaman saya 1-2 butir pelet koi ukuran kecil cukup untuk wadah ukuran 8 liter. Jika sudah banyak endapan di dasar baiknya di siphon secara berkala.

Dengan cara tersebut kultur daphnia magna bisa berkembang, demikian sy tulis panduan kultur daphnia magna sesuai dengan apa yg sy lakukan sehari-hari. Setiap orang memiliki caranya sendiri jangan terpaku pada informasi yg sy berikan Anda bisa belajar dan memodifikasi sesuai keperluan anda.
daphnia magna merah

No comments:

Post a Comment