Sunday, September 15, 2013

Tentang Daphnia Magna

Spesifikasi Daphnia Magna

Daphnia magna adalah zooplankton yang merupakan sejenis udang-udangan yang sering kali dikenal sebagai kutu air yang mudah dibudidayakan secara massal sehingga produksinya dapat tersedia dalam jumlah mencukupi. Saat ini saya budidaya daphnia jenis magna (Daphnia Magna) sebagai pakan alami untuk pendederan ikan gurameh. Ukuran Daphnia Magna Dewasa mencapai 2,5 mm (seukuran kacang hijau). Perkembangbiakan Daphnia Magna secara asexual dan secara sexual atau kawin, Daphnia mulai berkembang biak pada umur 5 hari, dan selanjutnya setiap satu setengah hari akan beranak lagi. 

Jumlah setiap kali beranak rata-rata 39 ekor. Umur hidup Daphnia 34 hari, sehingga selama hidupnya menghasilkan anak kurang lebih 558 ekor. Dari perhitungan tersebut menurut saya lebih ekonomis, disisi lain kandungan proteinnya bisa mencapai lebih dari 70% kadar bahan kering. Secara umum, dapat dikatakan terdiri dari 95% air, 4% protein, 0.54% lemak, 0.67 % karbohidrat dan 0.15 % abu. Daphnia dapat tumbuh optimum pada suhu perairan sekitar 21 °C dan pH antara 6,5 - 8,5. Daphnia diketahui sangat sensitif terhadap ion-ion logam,seperti Mn, Zn, dan CU, dan bahan racun terlarut lain seperti pestisida, bahan pemutih, dan deterjen. Jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan Daphnia adalah bakteri, fitoplankton dan detritus.

Daphnia_magna1

Daphnia_magna

Daphnia_magna

2 comments:

  1. Hi, I Adrian am from Malaysia. Which country are you from? What is the normal temperature of your culture? Can I buy some of your Daphnia?
    Thanks
    My email is adrianlwkeat@gmail.com.

    ReplyDelete
  2. Jual Daphnia Murah, daphnia magna, kutu air raksasa wilayah jawa timur.

    ReplyDelete